Siapa yang membuat jaring pada sarang semut di toples

Posted by Jatmiko 0 komentar
Salam kroto. Siapa yang membuat jaring pada sarang semut rangrang di toples. Sahabat flodesta yang baik hatinya. Semoga hari ini awal indah buat kita semua. Kali ini flodesta ingin berbagi pengetahuan lagi tentang semut rangrang. Masih banyak dari kita belum tahu siapa yang membuat jaring putih pada sarang semut. Apakah jaring atau lamat di buat di daun atau media lain seperti bambu, botol platik, pralon dan lain sebagainya. Mengapa begitu penting fungsinya jaring ini untuk semut.

Inilah gambar penampakan semut yang membuat jaring baru di toples. Gambar ini saya ambil ketika baru membuat jaring.


jaring sarang semut toples















Semut rangrang tidak bisa membuat jaring secara langsung ketika dapat dari alam, koloni semut akan merasa stress (jarene) ketika berada di media yang baru. Mereka akan berjatuhan, berhamburan kemana mana  karena semut ini belum terbiasa dengan tempat barunya bisa di katakan adaptasi dulu lah.

Sarang atau koloni yang kita dapat dari alam bisa membutuhkan berhari hari untuk menyesuaikan tempat barunya. Disamping tempat, ruangan beserta makanan harus menyesuaikan lagi. Jadi jangan buru buru menyerah bagi sobat yang sudah mencoba.

Jaring sangat wajib bagi sebuah sarang semut rangrang. Dimana jaring tersebut selain untuk sembunyi, menyimpan telur telur yang di hasilkan juga tempat untuk bertelur. Misalkan saja kita gunakan media toples tranparan, disitu bisa dilihat bahwa telur yang sudah jadi kroto pasti akan di tempatkan pada jaring. Kecuali kalau masih jadi telur atau larva pasti masih menempel di dinding toples.

Tidak menutup kemungkinan kroto bisa tertumpuk di dinding karena terlalu banyaknya kroto yang di hasilkan. Tanpa adanya jaring, semut beserta krotonya pasti menempel di dinding toples semua. Biasanya ciri ciri tersebut terdapat pada sarang semut dari alam yang baru di pindah ke dalam toples.


jaring sarang semut















Syarat dari terbentuknya jaring adalah adanya larva dalam koloni tersebut. Lihat gambar paling atas disitu larva di gunakan semut untuk membuat jaring. Menurut flodesta tanpa adanya larva tidak akan terbentuk jaring semut pada sarang di toples.

Dari sobat flodesta mungkin pernah mencoba menangkar semut tetapi hanya semut dan kroto saja yang di coba . Dipastikan sarang semut di toples tidak akan membuat jaring.  ya tow...sudah terbukti. Maka untuk mencoba supaya semut cepat membuat jaring jangan semutnya saja yang di pindah harus koloni lengkap, tanpa ratu juga gak ada masalah.. Minimal ada telur dan larva ojo lali karo semute lengkap.

Begitulah pengalaman flodesta yang bisa saya bagi tentang Siapa yang membuat jaring pada sarang semut rangrang di toples. Semoga bermanfaat. Ojo lali karo cendole sob ben tambah seger. suwun banget njih...

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Siapa yang membuat jaring pada sarang semut di toples
Ditulis oleh Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://semutkrototemanggung.blogspot.com/2014/03/siapa-yang-membuat-jaring-pada-sarang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of SEMUT KROTO TEMANGGUNG.