pasang iklan gratis

Peluang Usaha Semut Kroto (Rangrang)

Posted by Faizal Jatmiko 9 komentar
Temanggung – semutkrototemanggung.blogspot.com
Pernahkah Anda membayangkan bahwa semut bisa dibudidayakan dan menjadi alternatif tambahan penghasilan? Jika belum, saatnya Anda perlu sedikit meluangkan waktu untuk berkunjung ke rumah Jatmiko, salah satu warga Padukuhan Grogol, Desa Kutoanyar, Kecamatan Kedu. Pasalnya sejak beberapa bulan lalu ia telah mencoba peruntungan dengan membudidayakan semut Rang-Rang (Ngangrang) dan kini hampir menuai sukses.

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa budidaya semut Rang – Rang merupakan sebuah ide gila yang tidak masuk akal. Tetapi lewat tangan dingin Jatmiko, semut yang notabene merupakan serangga yang dibenci sebagian orang, bisa jadi salah satu sumber pendapatan tambahan. Bahkan tidak menutup kemungkinan, berawal dari ide gila atau kreatif, seseorang bisa meraup kocek ratusan ribu rupiah dalam sebulan hanya dari semut.
“Selain mudah dalam perawatan dan tidak memerlukan lahan luas, budidaya semut tidak membutuhkan modal besar tetapi bisa menambah penghasilan dari penjualan kroto (telur semut). Kami menangkap peluang bisnis itu berawal dari kebutuhan akan kroto di pasaran yang masih sangat minim, sedang permintaan membludak. Khususnya di Temanggung, kroto dijadikan sebagai pakan tambahan (extrafood) burung berkicau dan campuran umpan ikan,” kata Jatmiko menjawab pertanyaan Semutkrototemanggung.blogspot.com di kediamannya.
Melihat kenyataan di pasaran, melirik usaha penjualan kroto merupakan pilihan yang tepat bahkan bisa menjadi alternatif usaha yang cukup menjanjikan. Hal ini dipengaruhi mahalnya harga kroto dimana per 1 kilogramnya bisa mencapai Rp 70.000 – Rp 90.000 di tingkat pengepul. Padahal jika dalam kondisi normal, produktivitas telur semut mampu menghasilkan kroto antara 0,5 – 1 ons tiap toples/botol setiap 15 – 20 hari. Dengan demikian berarti, dalam budidaya semut bisa menghasilkan kroto siap jual setiap 15 – 20 hari sekali.
Dijelaskannya, untuk memulai usaha budidaya kroto seseorang harus menyiapkan beberapa komponen diantaranya adalah lahan sekitar 2 – 3 m2, rak, dan toples/botol untuk rumah semut. Kemudian pindahkan rumah semut dari alam (masih bentuk daun) ke dalam toples/botol. Setelah melalui proses adaptasi selama beberapa hari, semut menempati toples/botol dan pada saatnya nanti ratu semut akan mulai bertelur setelah dibuahi oleh beberapa pejantan. Sedang perawatannya hanya diberi makan berupa belalang, jangkrik maupun ulat berikut minuman berupa air gula secukupnya.
“Saat ini kami baru memiliki modal 95 toples semut, sebagian besar sudah menghasilkan kroto. Kemungkinan kami baru bisa melakukan panen kroto perdana sekitar Bulan Mei mendatang. Diperkirakan, hasil panen kroto 95 toples bisa menghasilkan kroto minimal 4,75 kilogram. Jika dirupiahkan sedikitnya mencapai Rp 332.500 tiap 20 hari sekali dengan asumsi harga kroto Rp 70.000 per kilogramnya,” ucap Jatmiko optimis mampu menutup target 300 toples indukan semut Rang – Rang pada tahun 2013 ini.
Secara terpisah Kepala Desa Kutoanyar, oto mengharapkan agar peluang usaha budidaya semut Rang – Rang tersebut segera mendapat perhatian dan bimbingan dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam hal pengembangannya. Selain merupakan usaha yang masih terbilang menjanjikan, program budidaya semut juga dinilai dapat memberikan peluang kerja dan tambahan pendapatan masyarakat di masa mendatang. (Wheny Marissa)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Peluang Usaha Semut Kroto (Rangrang)
Ditulis oleh Faizal Jatmiko
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://www.semutkrototemanggung.blogspot.com/2013/02/peluang-usaha-semut-kroto-rangrang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
9 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

9 komentar:

Anonim mengatakan...

minta contact personnya boleh pak? terima kasih

Anonim mengatakan...

sms saya di 082223333769
Salam admin semut kroto

Anonim mengatakan...

Siap gan, saya akan brkunjung ke tmpat agan utk konsultasi.... salam sukses

ahmad rifai mengatakan...

makash pak nico atas info y

Admin Semut Kroto mengatakan...

@Ahmad rifai semoga info saya banyak manfaatnya mas dan semoga amal jariyah bisa saya terima terus.

Soedjadie Djadie mengatakan...

Mo cari bibitnya kmana ya?

admin mengatakan...

yang cari bibit bisa sms ke nomer diatas...

Anonim mengatakan...

Pak bisa sharing cara budidaya nya

Anonim mengatakan...

Terima kasih untuk infonya, semoga jadi ilmu yang bermanfaat dan membawa keberkahan bagi kita semua. Amin ya rabbal 'aalamiin.

Poskan Komentar

JANGAN LUPA MEMBERIKAN CENDOLNYA...
Segala bentuk link yang tersemat akan dianggap SPAM

Email Marketing Sevices - Jasa Penyedia Autoresponder Indonesia
Jasa Toko Online support Jasa iklan - Original design by Miko | Copyright of Semut Kroto Temanggung.